Pelatihan Mendeley untuk Mahasiswa dan Dosen STIA Pembangunan Jember

Stiapembangunanjember.ac.id – Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember mengadakan pelatihan mendeley untuk mahasiswa dan juga dosen.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat (18/11/2022) di Aula STIA Pembangunan Jember.

Kegiatan pelatihan mendeley ini diadakan oleh Ikatan Mahasiswa STIA Pembangunan Jember, dengan menghadirkan dua pemateri yaitu Nur Aini Mayasiana, M.Si dan Rohim, M.Si.

Kedua pemateri tersebut adalah dosen STIA Pembangunan Jember yang menggunakan mendeley dalam menyusun karya ilmiah dan berhasil mempublikasikan sejumlah karya ilmiah, baik di jurnal nasional maupun jurnal internasional.

kepala BPPM STIA Pembangunan Jember Dr. Andrias Dwimahendrawan, M.Si dalam sambutannya meminta agar seluruh peserta, baik mahasiswa maupun dosen agar terlibat aktif dalam pelatihan mendeley tersebut.

Karena hal itu berkaitan dengan peningkatan kualitas penyusunan karya ilmiah yang menjadi tanggungjawab dari mahasiswa maupun dosen.

Pemateri pertama, Nur Aini Mayasiana, M.Si menyampaikan pentingnya menggunakan mendeley dalam menyusun karya ilmiah, terutama apabila akan melakukan sitasi atau memasukkan kutipan dalam sebuah karya ilmiah.

Hal itu sebagai bagian dari tanggungjawab moral seorang insan akademis ketika mengutip karya ilmiah milik orang lain.

Pemateri kedua, Rohim, M.Si menjelaskan secara teknis cara menggunakan mendeley saat menyusun sebuah karya ilmiah.

Mulai dari cara menyimpan karya ilmiah, baik berupa jurnal, buku dan karya ilmiah lain dalam mendeley.

Sampai cara pengutipan atau sitasi dengan menggunakan daftar karya ilmiah yang sudah disimpan dalam akun mendeley.

Format dari kutipan yang digunakan dalam mendeley juga bisa disesuaikan dengan template yang ditentukan oleh pengelola jurnal, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional.

Para mahasiswa dan dosen yang mengikuti pelatihan terlihat antusias.

Mereka juga langsung mempraktekkan cara menggunakan mendeley dengan menggunakan laptopnya masing-masing.(*)